GURU BIASA ADALAH GURU YANG MAMPU MENJELASKAN, GURU BAIK ADALAH GURU YANG MAMPU MENDEMONSTRASIKAN DAN GURU HEBAT ADALAH GURU YANG MAMPU MENGINSPIRASI SISWA.

Kamis, 10 Februari 2011

PROFESIKU

Aku tak pernah punya cita-cita jadi guru, salah satu alasannya karena tulisanku jelek. Aku gak 'PD' kalau tulisan jelekku itu dipamerkan di ruang kelas. Tapi kini aku berpredikat sebagai guru, cita-cita yang tak pernah muncul dalam benak dan mimpiku. Namun karena menjadi predikat, tentu aku harus profesional. "menjadi guru yang profesional" tak sekedar memiliki sertifikat pendidik dan memperoleh tunjangan profesi tentunya. lalu profesional yang seperti apa ya? Apa 'profesional' itu?

Aku mulai belajar merancang desain pembelajaran, memilih model, metode, strategi dan taktik pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yg menarik bagi siswa, membuat evaluasi hasil pembelajaran dan menganalisis hasil evaluasi pembelajaran. Pelan-pelan aku berusaha meningkatkan kompetensiku sebagai seorang guru, belajar dan terus belajar, mengikuti perubahan yg demikian pesatnya. Sudah profesionalkah aku? Orang lain yang menilai tentunya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar