GURU BIASA ADALAH GURU YANG MAMPU MENJELASKAN, GURU BAIK ADALAH GURU YANG MAMPU MENDEMONSTRASIKAN DAN GURU HEBAT ADALAH GURU YANG MAMPU MENGINSPIRASI SISWA.

Kamis, 10 Februari 2011

KISAHKU SEBAGAI SEORANG GURU

Aku memulai profesiku sebagai guru sejak terbit SK CPNS-ku 1 Desember 2003. Aku ditempatkan di SMP Negeri 7 Kota Magelang sebagai guru IPA Biologi. Sebagai guru baru aku selalu belajar materi-materi yang akan diberikan ke siswaku, karena sudah lama sekali aku tak membuka buku. Setelah enam tahun menikah aku hanya berpredikat sebagai ibu rumah tangga yang disibukan dengan kegiatan rutin di rumah. Jadi buku-buku biologiku ini telah lama tak tersentuh. Koleksi buku-buku baru juga harus diprioritaskan, ironis sekali kalau seorang guru tak pernah meng-update referensi yang dibaca.
Aku alumni Fak.MIPA  (Sarjana Non kependidikan) jurusan Biologi Universitas Lampung tahun 1996. Karena bosan dengan rutinitas kegiatan rumah, aku mengisi waktu luangku dengan mengikuti perkuliahan program Akta Mengajar IV di UMM (Universitas Muhamadiyah Magelang). Kegiatan itulah mengantarkan aku menjadi seorang guru. Meskipun bukan cita-citaku tapi aku sangat bersyukur, aku bisa membaktikan diriku di dunia pendidikan. Sebuah profesi yang sangat mulia menurutku, dan aku merasa masih harus banyak belajar untuk menjadi sosok ideal seorang guru yang diharapkan siswa.
Berbagai pelatihan, seminar, workshop, dan kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) aku ikuti untuk meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik sebagai guru. Aku mulai dipercaya membimbing siswa mengikuti berbagai lomba sains, pelajar teladan, juga karya ilmiah. Mulailah tumbuh rasa percaya diriku sebagai seorang guru. Aku berusaha bekerja dengan baik dan mulai enjoi dengan profesiku ini.
Mulai tahun 2008 aku mengikuti Program Pascasarjana di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), kegiatan perkuliahan ini aku ikuti disela2 kesibukan mengajar di sekolah dan kesibukan sebagai ibu dari anak2-ku, juga sebagai pendamping suami tercinta. Awalnya terasa berat, tapi akhirnya semua terlampaui.Saat menjelang akhir perkuliahan di UNY, tiba2 aku dimutasi kesekolah lain. Kebijakan yg sempat membuatku terhenyak, dimana aku sudah terbiasa mengajar di sekolah pavorit kemudian dipindahkan ke sekolah pinggiran yg kemampuan dan karakteristik siswa yang sangat berbeda. Aku mulai mengajar di SMP Negeri 9 hingga saat ini.
Namun itu semua ada hikmahnya, aku lebih konsentrasi menyelesaikan tesisku. Aku bisa menyelesaikan Program S2 dengan predikat cumlaude dan masa study  kurang dari empat semester. Aku lulus sebagai Magister Teknologi Pembelajaran Juni 2010. Setelah lulus aku kembali dengan rutinitas mengajar, banyak hal yang aku peroleh selama kuliah di UNY yang bisa aku terapkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas khususnya. Setelah itu akupun mulai disibukan dengan berbagai kegiatan profesi. Aku hanya bisa berharap semoga Tuhan senantiasa memberikan nikmat sehat dan melindungiku, sehingga aku bisa mengamalkan ilmu yg aku peroleh. Amiennnnnnn...

1 komentar:

  1. Dari sekian banyak berita yang sudah saya baca, baru
    kali ini aku membaca blog yang sangat menarik.
    susunan kata yang dipakai pun ringan untuk dicerna bagi oranglain, meski yang masih newbie maupun yang telah pandai.

    Setelah membaca Post ini, ane dapat membuat kesimpulan sendiri
    dan web ini telah membuka pikiran ane bahwa apa yang lebih baiknya kita
    lakukan dimasa depan. Doa saya Semoga para pembaca lain juga menemukan info ini agar dia juga mendapatkan seperti
    yang kami alami. Mohon ijin untuk Share ya..,
    dan kalau berkenan silahkan kunjungi juga di website kita di http://youtu.be/5JS3DIe0mJs

    Feel free to visit my homepage Film Anak Anak

    BalasHapus