GURU BIASA ADALAH GURU YANG MAMPU MENJELASKAN, GURU BAIK ADALAH GURU YANG MAMPU MENDEMONSTRASIKAN DAN GURU HEBAT ADALAH GURU YANG MAMPU MENGINSPIRASI SISWA.

Senin, 24 Oktober 2011

THE CHEMISTRY OF LOVE ITU APA?


Setelah lama gak update blog, kali ini aku mau tulis yang ringan2 aja. Aku ingin berbagi cerita ketika mengajar Biologi kelas 8 SMP. Mengajar di kelas 7, 8 dan 9 semua sudah aku alami. tapi paling banyak ngajar di kelas 8. Materi pelajaran Biologi kelas 8 yang paling disukai anak-anak adalah “Pertumbuhan & Perkembangan Manusia”.  Apalagi kalau tiba pada sub pokok bahasan tahapan perkembangan remaja (Masa Adolesen), semua pada tertarik. Ehem... kalau saja semua materi biologi yang diberikan di kelas 8 anak-anak sangat antusias seperti ini betapa senangnya... Sedih banget kalo lagi membahas materi tentang tumbuhan, kalo gak pinter2 milih model & media pembelajarannya anak2 pada gak semangat.
Bagian dari masa adolesen adalah pubertas. Masa pubertas adalah masa di mana organ reproduksi kita telah matang. Pada wanita, masa pubertas terjadi pada usia 8 sampai 13 tahun. Pada laki-laki, pubertas terjadi antara usia 13 sampai 15 tahun. Selama pubertas, hormon dihasilkan oleh kelenjar pituitari yang dapat menyebabkan perubahan-perubahan pada tubuh. Pada laki-laki, adalah hormon androgen & testosteron dapat mempengaruhi perubahan berupa mulai tumbuhnya kumis pada daerah sekitar wajah, perubahan suara, otot-otot tubuh semakin kuat dan mulai tumbuh rambut pada ketiak dan permukaan alat kelamin (pada pubis). Pada wanita adalah hormon estrogen & progesteron yang juga menyebabkan terjadi perubahan seperti mulai tumbuhnya rambut di ketiak dan permukaan alat kelamin (mons pubis), pinggul melebar, payudara membesar, dan mulai mengalami masa haid. Pada masa pubertas ini mulai memiliki rasa tertarik pada lawan jenis. 
Bicara tentang rasa tertarik pada lawan jenis, pernah suatu ketika ada yang bertanya, Apakah munculnya perasaan tertarik pada lawan jenis itu juga karena pengaruh hormon? Lalu “the chemistry of love itu apaan?” Untungnya Perkembangan ICT demikian pesatnya, jadi tidak masalah. Melalui internet kudapatkan penjelasan ini:
Helen Fisher, seorang profesor dari Rutgers University, New Jersey, Amerika, bilang, “Saat seseorang jatuh cinta, maka otaknya akan mengeluarkan hormon dopamine dan hormon norepinephrine dalam jumlah yang banyak. Hormon dopamine adalah ‘pleasure chemical’. Yaitu hormon yang membuat timbulnya rasa bahagia yang luar biasa. Sementara hormon norepinephrine mirip hormon adrenaline. Memicu organ-organ tubuh seperti jantung, pembuluh darah, dan kelenjar keringat, hingga mengalami gejala-gejala seperti deg-degan, muka memerah, keringat dingin, dan lain-lain.”
Menambahkan apa yang dikatakan Profesor Fisher, kolega-koleganya sesama peneliti dari University College London (UCL), London, Inggris, menjelaskan bahwa orang yang sedang jatuh cinta meskipun otaknya akan mengeluarkan hormon dopamine dan hormon norepinephrine dalam jumlah yang banyak (dua hormon tersebut merupakan bagian dari pemicu adanya perasaan cinta, The Chemistry of Love). Namun ke-dua hormon itu akan mengalami penurunan level penyaluran rangsang di antara sel-sel saraf otaknya. Imbas nya ke psikis, yang bersangkutan lalu memendam harapan dan khayalannya. Di pendam melulu, lama-lama ya numpuk!!!! Ujung-ujungnya malah berbalik jadi “terobsesi” untuk mendapatkan si dia.“Kalo udah begini, pheromones (zat yang disekresikan oleh suatu organisme, yang mempengaruhi tingkah laku organisme lain dari spesies yang sama, RED.) yang bekerja kemudian. The power of pheromones-lah yang menimbulkan munculnya keberanian untuk pedekate, nembak, dan seterusnya,” jelas Profesor Fisher lagi. Ribet yeeee… Ehem....masih banyak cerita2 menarik lainnya kalau lagi membahas tahapan pertumbuhan & perkembangan manusia. Semoga tambah pengetahuan buat yang baca. Referensi:(Buku biologi SMP kelas 8 dan klik2 di google).

2 komentar:

  1. paling seneng nih.kalo dikelas mbahas kayak ginian :D

    BalasHapus
  2. Quality posts is the crucial to attract the viewers to pay a visit the web page, that's what this website is
    providing.

    Feel free to visit my site dating sites (bestdatingsitesnow.com)

    BalasHapus