GURU BIASA ADALAH GURU YANG MAMPU MENJELASKAN, GURU BAIK ADALAH GURU YANG MAMPU MENDEMONSTRASIKAN DAN GURU HEBAT ADALAH GURU YANG MAMPU MENGINSPIRASI SISWA.

Selasa, 22 Februari 2011

Pembelajaran Berbasis Web (Web Based Learning) atau E-learning


Salah satu aplikasi layanan internet yang sangat populer adalah layanan World Wide Web (WWW), sehingga seolah-olah internet hanyalah web. Word Wide Web atau sering disebut web merupakan kumpulan dokumentasi terbesar yang tersimpan dalam berbagai server yang terhubung menjadi suatu jaringan. Dokumen ini dikembangkan dalam format hypertext dengan menggunakan Hypertex Markup Language (HTML).  Melalui format ini dimungkinkan terjadinya link dari suatu dokumen ke dokumen lain. Selain itu fasilitas ini bersifat multimedia, yang terdiri kombinasi unsur teks, foto, grafika, audio, animasi dan video (Isjoni, 2008: 14).
 Pembelajaran berbasis web adalah proses pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, sehingga sering disebut juga dengan e-learning.  Internet merupakan jaringan yang terdiri atas ribuan bahkan jutaan komputer, termasuk di dalamnya jaringan lokal, yang terhubungkan melalui saluran (satelit, telepon, kabel) dan jangkauanya mencakup seluruh dunia. Internet memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan dalam berbagai bidang, termasuk dalam kegiatan pendidikan. Fasilitas tersebut antara lain: e-mail, Telnet, Internet Relay Chat, Newsgroup, Mailing List (Milis), File Transfer Protocol (FTP), atau World Wide Web (WWW) (Oos M. Anwas: 2003).
Konvensi internasional, menyatakan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan berbagai proses dan aplikasi elektronik untuk pembelajaran, termasuk di dalamnya adalah CBT, WBI, CD, dan lain-lain. Sedangkan pembelajaran berbasis web diartikan sebagai pembelajaran melalui internet, intranet, dan halaman web saja. Namun demikian istilah e-learning dan online learning sering disamakan dengan pembelajaran berbasis web (Davidson & Rasmusen, 2006: 10).
Piskurich (2003: 2) mendefinisikan e-learning sebagai: “…the use of the computer network or the web for delivery of the learning”. Sedangkan Conrad & TrainingLinks (2000: 11), menyebutkan E-learning dengan istilah Web-based Training karena lebih berorientasi pada fungsi pelatihan. WBT adalah sebuah pratik pembelajaran yang terintegrasi melalui internet sehingga pembelajar dapat secara langsung mengakses kompetensi apa yang secara khusus akan dipelajari sesuai dengan level belajarnya.
Jaya Kumar C. Koran, mendefinisikan e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. Ada pula yang menafsirkan e-learning sebagai bentuk pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui media internet. Sedangkan Dong mendefinisikan e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya (Oos M. Anwas: 2003).
Berdasarkan beberapa keterangan tersebut di atas dapat diperoleh konsep pembelajaran berbasis web (web based learning) atau E-learning, yaitu suatu pembelajaran elektronik berbasis TIK yang dituangkan dalam format digital dengan prinsip dan metode tertentu sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran open sources yang interaktif sehingga memungkinkan siswa belajar secara individual atau kolaboratif baik melalui aplikasi internet atau intranet.
Perkembangan teknologi informasi yang pesat berhasil merevolusi internet khususnya web, dari desain web yang sederhana dan menggandalkan halaman statis dengan HTML hingga menjadi sebuah teknik pengembangan website yang mutakhir. Karena terlalu cepatnya perubahan yang terjadi, tidak semua orang dapat mengikuti perkembangan yang terjadi. Salah satu perkembangan teknologi rancang bangun dari website yang cukup menarik untuk diikuti adalah munculnya model-model web portal yang menawan dan mampu memberikan fungsionalitas yang tinggi bagi penggunanya, selain mudah digunakan bahkan gratis untuk memperolehnya (Dwi Sumarwanto. 2005: 54).
Secara umum sistem aplikasi di internet terbagi menjadi dua jenis, yaitu synchronous system dan asynchronous system. (Davidson & Rasmusen, 2006: 10). Synchronous system merupakan aplikasi yang berjalan secara waktu nyata dimana seluruh pemakai dapat berkomunikasi pada waktu yang sama, contohnya: chatting, dan video conference. Sedangkan asynchronous system adalah aplikasi yang tidak tergantung pada waktu tertentu, dimana seluruh pemakai dapat mengakses ke system dan melakukan komunikasi antar mereka disesuaikan dengan waktunya masing-masing, contohnya: millis dan e-mail.
Seiring dengan kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, maka dunia pendidikan juga telah banyak yang memanfaatkan web sebagai media pembelajaran. Meskipun banyak penelitian menunjukan bahwa efektifitas pembelajaran menggunakan internet (e-learning) cenderung sama bila dibanding dengan pembelajaran konvensional atau klasikal, tetapi keuntungan yang bisa diperoleh adalah dalam hal fleksibilitasnya (Herman Dwi Surjono, 2008: 1).
Melalui media pembelajaran berbasis web materi pembelajaran dapat diakses kapan saja dan dari mana saja, di samping itu materi juga dapat diperkaya dengan berbagai sumber belajar termasuk multimedia. Media pembelajaran berbasis web dapat dikembangkan dari yang sangat sederhana sampai yang kompleks. Sebagian media pembelajarn berbasis web hanya dibangun untuk menampilkan kumpulan materi, sementara forum diskusi atau tanya jawab dilakukan melalui e-mail atau milist. Implementasi dengan cara tersebut terhitung sebagai media pembelajaran berbasis web yang paling sederhana. Disamping itu ada juga media pembelajaran berbasis web yang terpadu, berupa portal e-learning yang berisi berbagai obyek pembelajaran yang diperkaya dengan multimedia serta dipadukan dengan sistem informasi akademik, evaluasi, komunikasi, diskusi, dan berbagai educatioanal tools lainnya (Herman Dwi Surjono, 2008: 1).
Mengembangkan pembelajaran berbasis web yang efektif, memerlukan penerapan suatu pendekatan system dan prinsip-prinsip desain pembelajaran. Pendekatan system memberikan suatu kerangka kerja atau panduan pada kita sebagai seorang pengembang untuk mendesain materi pembelajaran. Guna mendapatkan desain pembelajaran efektif, pengembang harus berpegang pada prinsip-prinsip desain pembelajaran, sehingga materi pembelajaran yang dikembangkan memang berorientasi kepada siswa atau peserta didik dan akan meningkatkan efektivitas materi yang disajikan.
Bagi para pengajar, internet bermanfaat dalam mengembangkan profesinya, karena dengan internet dapat: (a) meningkatkan pengetahuan, (b) berbagi sumber diantara rekan sejawat, (c) bekerjasama dengan pengajar di luar negeri, (d) kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung, (e) mengatur komunikasi secara teratur, dan (f) berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun internasional (Rechdalle: 2005). Para pengajar juga dapat memanfaatkan internet sebagai sumber bahan mengajar dengan mengakses rencana pembelajaran atau silabus online dengan metodologi baru, mengakses materi pelajaran yang cocok untuk siswanya, serta dapat menyampaikan ide-idenya. Sedangkan peserta didik juga dapat menggunakan internet untuk belajar sendiri secara cepat, sehingga akan meningkatkan dan memperluas pengetahuan, belajar berinteraksi, dan mengembangkan kemampuan dalam bidang penelitian.
Menurut Boulton &Trent (2008),  penggunaan e-learning di tingkat pendidikan menengah dengan siswa usia 14-16 , dapat memberikan dukungan yang lebih baik untuk siswa yang kemampuannya kurang, meningkatkan respon keterlibatan siswa pada proses pembelajaran, memberikan kesempatan percepatan (akselerasi) belajar bagi siswa yang cerdas dan berbakat , dan mengembangkan kemampuan belajar siswa secara mandiri melalui pengalaman belajar individual.
 Web pada dasarnya adalah kumpulan informasi yang tersedia di komputer yang bisa diakses karena adanya jaringan yang tersedia di komputer tersebut. Oleh karena itu pembelajaran berbasis web bisa dilaksanakan karena adanya jaringan internet, dan sering disebut dengan nama on-line course. Herman Dwi Surjono & Maltby (2003) memberi penegasan bahwa World Wide Web atau sering disebut web menjadi lingkungan yang kuat untuk mendistribusikan informasi dan banyak lembaga pendidikan yang menggunakannya untuk mengirim ilmu pengetahuan kepada stakeholders.
Pendapat tersebut mendukung O’Brien & Ruth Sharratt (2002) yang menganggap inovasi teknologi informasi dan komunikasi mengubah aturan akademik dalam mengkreasi dan mengirim sumber-sumber pembelajaran. Secara umum website memiliki beberapa fungsi, yaitu: fungsi komunikasi, fungsi informasi, fungsi hiburan, dan fungsi transaksi (Asep Herman Suyanto, 2006: 5).
Berbagai fungsi yang dimiliki oleh website menyebabkan fleksibilitas pengembangannya untuk berbagai kepentingan terutama untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Pembelajaran berbasis web adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, sehingga sering disebut juga dengan e-learning. Internet merupakan jaringan yang terdiri atas ribuan bahkan jutaan komputer, termasuk di dalamnya jaringan lokal, yang terhubungkan melalui saluran (satelit, telepon, kabel) dan jangkauanya mencakup seluruh dunia. Internet memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan dalam berbagai bidang, termasuk dalam kegiatan pendidikan. Fasilitas tersebut antara lain: e-mail, Telnet, Internet Relay Chat, Newsgroup, Mailing List (Milis), File Transfer Protocol (FTP), atau World Wide Web (WWW) (Oos M. Anwas: 2003).
Tentang pengembangan E-learning, Davidson dan Karel L. Rasmusesen (2006: 24) dan Haughey (1998) dalam Asep HS. (2009: 10) berpendapat bahwa ada tiga kemungkinan dalam pengembangan system pembeljaran berbasis internet, yaitu web course, web centric course, dan web enchanced course.
1)   Web course adalah penggunaan internet untuk keperluan pendidikan, yang mana peserta didik dan pengajar sepenuhnya terpisah dan tidak diperlukan adanya tatap muka. Seluruh bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan, latihan, ujian, dan kegiatan pembelajaran lainnya sepenuhnya disampaikan melalui internet. Dengan kata lain model ini menggunakan sistem jarak jauh.
2)   Web centric course adalah penggunaan internet yang memadukan antara belajar jarak jauh dan tatap muka (konvensional). Sebagian materi disampikan melalui internet, dan sebagian lagi melalui tatap muka. Fungsinya saling melengkapi. Dalam model ini pengajar bisa memberikan petunjuk pada siswa untuk mempelajari materi pelajaran melalui web yang telah dibuatnya. Siswa juga diberikan arahan untuk mencari sumber lain dari situs-situs yang relevan. Dalam tatap muka, peserta didik dan pengajar lebih banyak diskusi tentang temuan materi yang telah dipelajari melalui internet tersebut.
3)   Web enhanced course adalah pemanfaatan internet untuk menunjang peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas. Fungsi internet adalah untuk memberikan pengayaan dan komunikasi antara peserta didik dengan pengajar, sesama peserta didik, anggota kelompok, atau peserta didik dengan nara sumber lain. Oleh karena itu peran pengajar dalam hal ini dituntut untuk menguasai teknik mencari informasi di internet, membimbing mahasiswa mencari dan menemukan situs-situs yang relevan dengan bahan pembelajaran, menyajikan materi melalui web yang menarik dan diminati, melayani bimbingan dan komunikasi melalui internet, dan kecakapan lain yang diperlukan.

DAFTAR  PUSTAKA

Asep Herman S. (2009). Step by Step Web Design theory and Practices. Yogyakarta: Penerbit Andi.

 Boulton, Helen. (2008). Managing e-Learning: What are the Real Implications for Schools? dalam Electronic Journal e-Learning Volume 6 Issue 1 2008 (11-18) Tersedia pada http://www.ejel.org/Volume-6/v6-i1/Boulton.pdf. Diakses tanggal 13 maret 2010.
Conrad, K. & TrainingLinks. (2000). Instructionaldesign for web-based training. Amherst: HRD Press.

Davidson, G.V,. & Rasmussen, K.L. (2006). Web based learning: designing, implementation, and evaluation. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

Dwi Sumarwanto. 2005.  Mudahnya Memiliki Portal Web Sendiri. Jurnal Teknodik. Pustekom Depdiknas No.17/IX/TEKNODIK/DESEMBER/2005. Jakarta. 53-62

Fernandes, Joao PD. (2009). Moodle 1.9 Multimedia. Birmingham – Mumbai. Packt Publishing.

Herman Dwi Surjono. (2008). E-learning UNY. Modul Pelatihan. Tersedia pada http://blog.uny.ac.id/hermansurjono. Diakses pada tanggal 20 November 2009.

Isjoni. (2008). Pembelajaran Terkini. Yogyakarta: penerbit Pustaka Pelajar.

18 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai pembelajaran web, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1186/1/17109171.pdf
    trimakasih

    BalasHapus
  2. The particular in contrast to the method would be to
    create "performance" primarily based painful data.
    This could select the importance in terms of just like flows, levels of storage

    Feel free to visit my page; sertifikasi pengadaan barang dan jasa

    BalasHapus
  3. ada tidak artikel perbedaan pembelajaran berbasis web online dan offline ??

    BalasHapus
  4. Sweet blog! I found it while browsing on Yahoo News. Do you have any tips on how
    to get listed in Yahoo News? I've been trying for a while but I never seem to get there! Cheers

    my site - more helpful hints

    BalasHapus
  5. I am truly grateful to the holder of this website who has shared
    this fantastic piece of writing at at this time.


    Feel free to visit my web page; Stamford CT Limo

    BalasHapus
  6. Hello my loved one! I wish to say that this article is awesome, nice written and include
    almost all significant infos. I'd like to see more
    posts like this .

    my page; free music downloads

    BalasHapus
  7. Great post. I was checking continuously this weblog and I am inspired!
    Very useful info specifically the closing part :) I take care of such
    information much. I used to be looking for this particular information for a very long time.
    Thank you and good luck.

    Look into my web blog: dating online (http://bestdatingsitesnow.com)

    BalasHapus
  8. Your style is very unique in comparison to other folks I've
    read stuff from. I appreciate you for posting when you've
    got the opportunity, Guess I'll just book mark this web site.


    My website dating sites - bestdatingsitesnow.com,

    BalasHapus
  9. Just wish to say your article is as astonishing. The clarity for your publish is
    simply spectacular and i could suppose you're a professional on this subject.
    Fine with your permission let me to snatch your feed to keep updated with impending post.
    Thanks one million and please keep up the gratifying work.


    Check out my web site minecraft games

    BalasHapus
  10. Usually I do not learn article on blogs, however I wish to say
    that this write-up very forced me to try and do it! Your writing style has been surprised me.

    Thank you, quite great article.

    Here is my web blog ... minecraft.exe

    BalasHapus
  11. Hello, I enjoy reading all of your post. I wanted to write a little comment to support you.


    Visit my page ... match.com free trial

    BalasHapus
  12. This is really interesting, You're a very skilled blogger.

    I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your
    fantastic post. Also, I have shared your website in my social networks!



    My homepage; quest bars

    BalasHapus
  13. Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I've really enjoyed surfing around your blog posts.
    After all I'll be subscribing to your feed and I hope you write again very soon!

    Stop by my web page: quest bar coupon codes

    BalasHapus
  14. Excellent article. I'm going through a few of these issues as well..


    Here is my page; match.com free trial

    BalasHapus
  15. I am extremely impressed with your writing skills as well
    as with the layout on your weblog. Is this a paid theme
    or did you customize it yourself? Anyway keep up the excellent quality writing, it is rare to see a great blog like this one today.


    Look into my web page; match.com free trial

    BalasHapus
  16. Appreciate this post. Let me try it out.

    Look into my web blog: quest bars

    BalasHapus
  17. I'm very pleased to discover this great site.
    I want to to thank you for ones time for this wonderful read!!
    I definitely loved every little bit of it and I have you saved to fav to
    check out new stuff in your website.

    My webpage ... quest bars

    BalasHapus
  18. Hi, I think your blog might be having browser compatibility issues.

    When I look at your website in Opera, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has
    some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up!
    Other then that, very good blog!

    BalasHapus