GURU BIASA ADALAH GURU YANG MAMPU MENJELASKAN, GURU BAIK ADALAH GURU YANG MAMPU MENDEMONSTRASIKAN DAN GURU HEBAT ADALAH GURU YANG MAMPU MENGINSPIRASI SISWA.

Jumat, 30 November 2012

DRAFT KURIKULUM BARU SMP

Rencana pemberlakuan kurikulum baru pada tahun pelajaran 2013/2014 menimbulkan berbagai tanggapan. Mulai Juni 2013 draft kurikulum baru tersebut akan segera berlaku untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Semoga perubahan kurikulum ini dapat meningkatan kualitas pendidikan di Indonesia yang masih jauh tertinggal dari Negara lain.

Beberapa perubahan pada Kurikulum Baru tingkat SMP adalah:
  1. Jumlah mata pelajaran juga berkurang dari 12 mata pelajaran menjadi 10 mata pelajaran. IPA dan IPS tetap sebagai mata pelajaran integrative science dan integrative social studies bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK), muatan lokal, dan pengembangan diri, ketiganya diintegrasikan dengan mata pelajaran yang ada. Muatan lokal masuk ke mata pelajaran Seni Budaya, Penjaskes, dan Prakarya, sedangkan TIK tidak akan berdiri sendiri tetapi menjadi media untuk semua mata pelajaran.
  2. Durasi belajar di sekolah bertambah sebanyak enam jam pelajaran per minggu, dari 32 jam menjadi 38 jam di sekolah.
  3. Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib.
Usulan Struktur Kurikulum Baru Untuk Jenjang Pendidikan SMP
 MATA
PELAJARAN
ALOKASI WAKTU
PER MINGGU [JP]
VII
VIII
IX
Kelompok A
1.
Pendidikan Agama
2
2
2
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3
3
3
3.
Bahasa Indonesia
6
6
6
4.
Matematika
5
5
5
5.
Ilmu Pengetahuan Alam
5
5
5
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
7.
Bahasa Inggris
4
4
4
Kelompok B
1.
Seni Budaya (termasuk muatan lokal)
3
3
3
2.
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (termasuk muatan lokal)
3
3
3
3.
Prakarya (termasuk muatan lokal)
3
3
3
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
38
38
38

Saya sangat menyayangkan pelajaran TIK yg tidak berdiri sendiri, tetapi terintegrasi dg semua mata pelajaran. Perkembangan dan perubahan TIK yang demikian pesatnya menuntut penguasaan TIK bagi generasi di era global. Namun demikian perubahan kurikulum yang akan diberlakukan tahun depan hendaknya dapat kita sikapi dengan bijak. Marilah kita tetap bersinergi memajukan pendidikan di Indonesia.

Tentang perubahan kurikulum silahkan klik link di bawah ini!

http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id/media/BahanUjiPublik_Kurikulum2013.pdf

4 komentar:

  1. terus sarjana pendidkan ilmu komputer yg dah ngajar suruh keluar aj gt ya krn matpel TIK g ad, meskipun dh 5 th ngajar, prakarya it ngajr ap, keterampilan kn bs banyak, bs elektro, masak, berarti komputer bs g ad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita kan hanya pelaksana saja, toh pemberlakuannya msh belum disetujui DPR karena Evaluasi KTSP saja belum selesai. Bagaimana mungkin muncul kurikulum baru, kalau kekurangan & hambatan pelaksanaan kurikulum lama belum dievaluasi. Sebetulnya saya jg sangat prihatin dg dihilangkannya TIK. Utk anak2 keluarga mampu mungkin tanpa TIK tdk masalah mereka bisa belajar secara otodidak krn fasilitas memungkinkan. tp utk anak2 dr keluarga yg tdk mampu bgmn mau belajar sendiri? fasilitasnya tdk ada.Lalu bgmn nasib guru TIK?

      Hapus
  2. pelajaran PAI msh tetep.....padahal zaman sekarang moral dan akhlaq baik yg diperlukan,,,lha yg sains aj yg banyak,,,bodo ah,,,,biar generasi pintar tp tak berakhlaq

    BalasHapus
  3. Ηellо there! I know thіѕ іs
    kinԁ οf off tοpic but I waѕ wondering if you knew where I could loсate a
    caрtcha ρlugin for my cοmmеnt form?
    I'm using the same blog platform as yours and I'm hаving prοblemѕ finԁing
    оne? Thanks a lot!

    Αlѕo visit my web pаge: Www.gitabali.com

    BalasHapus